Intelligent Transportation System (ITS) / Area Traffic Control System (ATCS)

Intelligent Transportation System (ITS) adalah Sistem Teknologi Komunikasi dan Informasi yang saling terintegrasi antara sarana dan prasarana lalu lintas  dalam rangka penyelesaian permasalahan lalu lintas serta untuk mendukung keamananadidas yeezy sale wig store nike air max sale dallas cowboy shop custom made baseball jerseys yeezy sneakers adam and eve adult store air jordan sale cheap yeezys yeezy sneakers nfl jerseys cheap completini intimi molto sexy lingerie super sexy ja morant jersey original custom made baseball jerseys , keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan yang diselenggarakan dengan sistem informasi dan komunikasi yang terpadu.

Pada dasarnya Intelligent Transportation System (ITS) ini memiliki konsep sebagai sistem penyelengaraan transportasi antara lain seperti:

  • Traveller Information System (TIS).
  • Public Transportation System (PTS).
  • Traffic Management System (TMS).
  • Commercial Vehicle Operations (CVO).
  • Vehicle Control Systems (VCS).
  • Electronic payment

Dalam prosedur kebijakan pengembangan harus menerapkan dan mengacu dalam konteks sebagai berikut:

Pada alur kebijakan di atas Pemerintah Kabupaten Bogor telah melaksanakan Point 2 (dua) yaitu Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dan Sub Kegiatan Penerapan ATCS/ITS, dengan pertimbangan Faktor Pengaruh, Analisis dan Evaluasi dan Hasil Rekomendasi serta Analisis dibawah ini:

Dengan memegang acuan tersebut maka Intelligent Transportation System (ITS) akan dapat dikembangkan dengan apa yang telah di tentukan dengan Konsep pengembangan yang akan dilakukan pada jangka pendek atau pada saat ini adalah sebagai berikut:

Pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Dinas Perhubungan pada tahun 2015 – 2019 telah menyelesaikan pekerjaan prioritas pembangunan daerah dibidang transportasi yaitu Pembangunan ATCS/ITS yang memiliki fungsi dan kegunaan untuk mengatur lalu lintas dan angkutan jalan pada persimpangan dengan uraian sebagai berikut:

  1. Mengatur siklus traffic light dari jarak jauh secara otomatis dan manual;
  2. Memberikan prioritas lalu lintas yang menjadi utama atau dengan kata lain mengatur ruas jalan pada persimpangan yang menjadi prioritas atau yang memiliki antrian kendaraan yang panjang;
  3. Memberikan informasi kepada pengguna jalan;
  4. Memberikan prioritas kendaraan tertentu;

Pekerjaan tersebut telah dibangun di:

  1. 17 (tujuh belas) titik lokasi ATCS;
  2. 2 (dua) segmen CCTV Pemantauan Lalu Lintas sepanjang ruas jalan stadion Pakansari;
  3. 2 (dua) titik lokasi di ruas jalan PEMDA;
  4. 3 (tiga) unit VMS;
  5. 4 (empat) lokasi monitoring lalu lintas;
  6. 1 (satu) ruang pusat kendali.

Penerapan ATCS (Area Traffic Control System) di Kabupaten Bogor adalah upaya untuk mengembangkan suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran lalu lintas di koridor jalan Kabupaten Bogor.

ATCS adalah suatu sistem pengatur lalu intas terpusat yang intelligent dan terkoordinasi, yang artinya:

  1. Intelligent Memiliki kemampuan sebagai suatu traffic management system.
  2. Terkoordinasi Pada ATCS dilakukan koordinasi antar persimpangan dalam satu area, sehingga anatar persimpangan dapat terkoordinasi melalui pengaturan dari pusat.

ATCS terdiri dari beberapa sistem utama yaitu:

  1. Server, Workstation, yang berfungsi sebagai pusat operasional untuk memonitor dan mengontrol kondisi lalu lintas dari seluruh persimpangan dalam suatu area;
  2. Wall map, yang berfungsi menyediakan informasi status dan kondisi dari Local Controller dan arus lalu lintas jalan;
  3. Local Controller (pengotrol persimpangan);
  4. Video Surveillance (CCTV);
  5. Communication Link, bisa dilakukan dengan ”dedicated cable” (kabel fiber optik) atau ”wireless” (frekuensi radio, menyewa jaringan provider selular (3G) atau ISP);
  6. Vehicle Detector.


Foto dan Video